Punclut, Wisata Kuliner Dan Tempat Nongkrong Terfavorit di Bandung

Posted on

Tak pernah habis jika kita bercerita tentang Bandung. Banyak tempat yang wajib dikunjungi ketika berada di Paris Van Java ini, salah satunya Puncak Ciumbuleuit atau Punclut adalah kawasan wisata di dataran tinggi pegunungan sangat dekat dari pusat kota Bandung hanya berjarak 7 km, atau hanya 4 Km dari kawasan wisata belanja kota bandung terkenal seperti Cihampelas, dimana di kawasan itu ada Cihampelas walk dan Mox Club.

Untuk mencapainya sangatlah mudah, dari pusat kota bandung, apabila menggunakan kendaraan pribadi, tinggal mengikuti saja semua rambu lalu lintas atau papan reklame yang akan dengan mudah memandu anda menemukan alamat ke kawasan punclut bandung, yang pastinya adalah di daerah Ciumbuleuit.

Punclut Puncak
Lereng Anteng Di Bandung Ini Wajib Dikunjungi.

Dari ketinggian di atas 1000 meter di atas permukaan air laut, membuat Punclut menjadi salah satu lokasi wisata strategis untuk menikmati eksotisme kota Bandung. Punclut menjadi lokasi wisata kuliner favorit serta udara kawasan punclut dan sekitarnya yang sangat sejuk pada siang hari dan sangat dingin di malam hari. Bagi warga bandung dan wisatawan luar kota menjadikan kawasan punclut ini tempat yang asik untuk sekadar berkumpul bersama keluarga atau kolega. Bahkan disetiap hari Minggu dan hari libur kawasan ini menjadi tempat favorit untuk berolah raga.

Kawasan Punclut Bandung memiliki luas areal sekitar 290 hektar, yang menjadikannya salah satu kawasan paru-paru Kota Bandung. Dengan suhu rata-rata antara 15 hingga 22 derajat Celcius. Yang menjadi daya tarik objek wisata bandung utara ini adalah kita dapat melihat langsung bentuk geografis dari kota berjuluk Paris Van Java dari ketinggian yang berbentuk cekungan.

Tempat Nongkrong Keren Di Daerah Punclut.
Tempat Nongkrong Keren Di Daerah Punclut. Foto Feedme.id

Apabila anda tepat berada di titik ini, anda seperti berdiri di tepian mangkuk raksasa yang maha besar. Dimana eksotisme pemandangan kota Bandung beserta dengan pegunungan yang mengitari kota kembang dapat sepenuhnya kita lihat. Sebelah Selatan, tampak bentangan gunung Malabar dan Gunung Patuha. Jika cuaca sedang cerah, landmark Kota Bandung yang baru yaitu Jembatan Layang Surapati dan juga Menara Kembar Masjid Raya Jabar di Alun-alun Kota Bandung bahkan dapat terlihat dengan jelas .

Puncak Punclut Bandung
Lereng Anteng Panoramic Coffee Punclut Bandung.
Kawasan Puncak Ciumbuleuit menjadi salah satu objek wisata alam favorit di Bandung karena dari kawasan ini, anda dapat menikmati pemandangan alam dari Bandung Utara dengan udara yang masih sejuk karena jauh dari polusi udara di yang ada di daerah perkotaan.
Puncak Punclut Bandung
Ini Punclut, Bandung pertaining to Punclut Bandung.
Sebagai kawasan wisata yang sedang berkembang, Punclut juga sebagai salah satu tempat wisata kuliner di bandung yang mempunyai fasilitas seperti jajaran kedai dan juga PKL di sepanjang sisi kanan dan kiri jalan punclut yang menjual berbagai macam pernak pernik mulai dari aneka jajanan makanan sampai dengan cendera mata untuk oleh-oleh khas bandung.Kawasan Punclut sebagai pusat wisata kuliner siap menyambut anda dengan sajian aneka macam makanan tradisional khas Sunda seperti aneka Nasi Timbel putih, masakan tutut/keong, sambal pecel, ketan goreng, sayur asem dan makanan Sunda yang enak dan lezat lainnya.
Tempat makan yang berupa warung lesehan ini biasanya menyediakan aneka kuliner khas Sunda. Namun ada menu wajib yang biasanya tersedia yaitu Nasi Timbel dan Nasi Goreng khas bandung. Namun ada satu jenis kuliner khas Punclut Bandung yang wajib dijajal, yaitu sajian Nasi Merah yang hidangkan dalam boboko dari anyaman bambu dengan dilengkapi banyak “Rencang sangu” alias menu makanan pendamping nasi seperti aneka gorengan tahu bandung, tempe, ayam, udang, cumi, ikan hingga belut goreng. Sajian tersebut dihidangkan berdampingan dengan sambal terasi dan lalapan petai mentah atau jengkol goreng, dijamin sangat pas disantap ditengah suasana dinginnya udara punclut.
harga makanan di punclut Bandung
Salah satu Menu Makanan di Punclut Bandung.
Kawasan yang tengah populer untuk wisata rakyat terutama warga masyarakat bandung dan sekitarnya, maka bagi wisatawan yang berasal dari luar kota bandung seperti jakarta atau kota yang lainnya, pastinya akan mendapatkan harga aneka menu kulier di Punclut Bandung ini jelas sangat terjangkau alias murah bagi siapa pun, dibandingkan apabila anda membeli mekanan atau minuman sejenis di tempat atau kota lain, seperti di restoran dan juga cafe.
Punclut Bandung – Dailyculinary regarding Punclut Bandung
Pesona Alam Daerah Punclut Bandung.

Datanglah Sore menjelang malam. Karena, sore hari  menjelang malam adalah waktu yang sangat pas untuk berkunjung ke puncak ciumbuleuit, pemandangan indah gemerlap lampu di cekungan Kota Bandung dapat dinikmati dengan jelas dari Punclut, sehingga menghadirkan suasana romantis jika datang bersama pasangan. Jangan kaget apabila setiap akhir pekan terlebih jika musim liburan, banyak pasangan muda-mudi yang datang dan menikmati suasana sore di Puncak Bukit Punclut ini.

Bawalah kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat.Untuk kenyamanan anda berwisata menikmati aneka sajian kuliner di tengah suasana alam yang berselimut kabut, tentunya anda akan betah berlama-lama berdiam di kawasan Bukit Punclut. (K-2)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *