Pantai Sadranan Gunung Kidul Yogyakarta

4 Pantai Terindah Di Jogja Yang Wajib Kamu Kunjungi

Posted on

Punya rencana liburan ke Jogja ? Deretan pantai terindah di jogja ini bisa jadi salah satu rekomendasi destinasi liburan sa’at menikmati suasana mudik di daerah Jogja, pasti bosenkan kalau cuma Malioboro,Borobudur atau Candi Perambanan sebagai tujuannya. Yang kamu harus tau Jogja juga menyimpan surganya pantai Indonesia, Yup.. pantai pulau Jawa rasa pulau Lombok, hmm.. kenapa Lombok acuannya, ngga Bali ? Jelas Lombok lebih punya nilai eksotis, karena pantai-pantainya lebih alami ketimbang Bali yang sudah banyak menjadi wisata komersil baik domestik apa lagi Internasional. Tim transpagi.com mencoba berbagi pengalaman tak terlupakan disana, dimana sih? cekidot..

Pantai Ngobaran Gunung Kidul Yogyakarta

Nah ternyata Jogja menyimpan sensasi eksotisme pantai teropis layaknya di Lombok atau Maldives lho. Berjarak 1 – 2 Jam dari pusat kota Gudek, bentangan garis pantai yang berada di kabupaten Gunung Kidul menjawab ekspetasi kita tentang keindahan pantai layaknya dunia hayalan. Pasir putih tergulung ombak yang jernih, gugusan bukit karang yang ditumbuhi beberapa pepohonan layaknya gugusan karang di Raja Ampat  berhasil membuai tim kami hanyut dalam lukisan maha karya Yang Maha Kuasa.

Pantai Baron,Pantai Kukup, dan Pantai Kerakal sudah jauh lebih dahulu dibuka oleh pemerintahan Gunung Kidul, namun ternyata bentangan garis pantai disana banyak menyimpan surga pantai yang sangat layak untuk dikunjungi.

Berikut 4 Pantai Terindah Di Jogja menurut tim TransPagi Jalan Jalan:

1. Pantai Indrayanti Gunung Kidul

Pantai Indrayanti bisa dikatakan menjadi titik awal terbukanya kawasan pantai yang akan kami ulas di paragraf beikutnya, Nama Indrayanti sendiri berasal dari sebuah rumah makan yang berada dikawasan pantai tersebut, dari sebutan yang ditambatkan oleh masyarakat sekitar akhirnya menjadi polpuler sampai sa’at ini. Tapi jangan heran kalau di plang penunjuk jalan akan jarang kita jumpai penyebutan nama Pantai Indrayanti, karena Pantai ini sebenarnya memiliki nama resmi Pantai Pulang Syawal ( Aga kurang asik ya penyebutannya).

Pantai Indrayanti Gunung Kidul Yogyakarta

Namanya saja Gunung Kidul yang berarti Gunung Selatan, jadi yang perlu kamu ketahui bahwa garis pantai selatan yang bermuara ke samudra hindia, sebut aja seperti Parang Teritis, Pantai Pangandaran, Pantai Kuta cenderung memiliki ombak yang besar, sama halnya dengan Pantai Indrayanti, so kamu tetep harus waspada dan jangan sok2an ya.. Tapi tenang aja.. penjaga pantainya alias om lifeguard siap siaga ko’ mengawasi para wisatawan. Banyaknya terumbu karang juga membuat pantai ini aga sedikit memiliki spot untuk berenang, jadi kamu harus memilih spot yang tepat jika ingin berenang disana.

2. Pantai Ngobaran Gunung Kidul

Nyari spot buat berselfie ria, pantai Ngobaran jadi rekomendasi yang paling tepat, ngga cuma eksotik, pantai yang tepatnya terletak di Desa Kanigoro ini berasal dari prasejarah Prabu Brawijaya V yang merupakan raja terakhir Majapahit. Terdapatnya miniatur candi di pantai ini, menjadi daya tarik tersendiri buat kita berfoto-foto, cepret.

Pantai Ngobaran Gunung Kidul Jogjakarta

Oh iya.. perlu diingat emua tiket masuk tiap tiap pantai sama besarannya 5rb rupiah per-orangnya… kebangetan kalau sampe bilang mahal..

3. Pantai Nglambor Gunung Kidul

Nah di pantai ini kamu ngga cuma bisa berenang, tapi juga bisa nikmatin pengalaman snorkeling, alias tatap muka sama ikan dan terumbu karang dibawah permukaan laut, fish to fish klo kata artis legendaris dan fenomenal “Tukul Arwana” hehe.. Nah bagaimana mengenai ombak besar khasnya pantai selatan, bisa terombang ambing dong kita sewaktu lagi snorkeling ? Wait.. it save.. aman ko’ karena spot kita snorkelingan tepat dibalik bukit karang sebelum bibir pantai, jadi hempasan ombak terlebih dahulu ngebentur bukit karang tadi, jadi aman dan nyaman, tapi tetep ikutin insruksi dari penjaga pantainya ya.. karena mereka biasanyangasih tau ke kita spot2 mana yang menjadi area snorkeling.

Snorkeling Pantai Sadranan Gunung Kidul Yogyakarta

Hmm asik sih.. tapi yang jadi pertanya’an berapa ya cost / biaya untuk sewa perlengkapan snorkeling disana ? Eng ing eng… cukup dengan 30-50 ribu rupiah, kamu bakalan dilengkapi dengan perlengkapan senorkeling seperti, rompi pelampung, kacamata masker, selang pernafasan (snorkel), dan sepatu karet, lengkap deh.. Tapi kalau bisa selang snorkelnya kamu cuci dulu and pastikan bersih ya.. maklum mulut to mulut, kamu yang suka snorkelingan di pulau seribu ngga asingkan so’al sewa alat snorkeling.

4. Pantai Sadranan Gunung Kidul

Eit.. ngga cuma pantai Ngelambor nih yang jadi jargon snorkelingan, panti Sandranan yang masih berdekatan dengan pantai Sundak ini juga jadi lokasi faforit buat snorkelingan para travelers nih.. sama seperti di pantai nglambor di Sadranan ini untuk menyewa peralatan snorkelingnya juag di charge dengan biaya yang kurang lebih sama besarannya.

Snorkeling Pantai Sadranan Gunung Kidul Yogyakarta

Ngemeng-ngemeng soal snorkeling, dari pokok pembahasan diatas, yang ngga kalah pentingnya adalah tetep jaga ekosistem laut ya, jangan injak2 terumbu karang. karena ngga sedikit ketika pantai dibuka ruang publik untuk snorkeling, banyak diantara wisatawan bersenokeling sambil menginjak injak terumbu karang, akhirnya bikin terumbu karang porak poranda. so tetep lestarikan alam ya, kita kan dilengkapi pelampung jadi ngga usah takut tenggelam, cukup rebahkan badan and ngambang..

Pantai Indrayanti Gunung Kidul Yogyakarta

Rute Pantai Gunung Kidul 

Pada prinsipnya semua pantai yang berada di Gunung Kidul, berada di satu garis gugusan pantai, hanya saja jarak dan rute perbukitan yang berkelok menjadi tolak ukur waktu tempuh dari pantai ke pantai, so.. kalau kamu mau menikmati semua keindahan pantai disana, kami sarankan untuk cari penginapan di pantai Indrayanti mungkin bisa menjadi pilihan, and biasain tanyain dulu ya rate permalamnya, karena penginapan disana masih bersifat tradisional, jadi untuk booking kami belum bisa kasih rekomendasi, suatu sa’at mungkin bisa..

pantai di jogja yang paling bagus
pantai di jogja yang paling bagus

Oh iya terus bagaimana rutenya kalau kita dari arah pusat kota Jogja, gampang.. rute pertama lewat jalur Jogja-Wonosari, kamu bisa mngikuti plang lalu lintas atau rute google maps, rute yang ke2 melalui jalur Parang Teritis, sama kamu bisa mngikuti plang lalu lintas atau rute google maps, karena kurang pas rasanya kalau kami harus nerangin secara rinci, sedangkan rambu lalu lintas, dan google maps sudah lebih elok ngejelasinnya. ya kan..

Tempat makan di pantai gunung kidul

Nah ini nih untuk perkara makan, tanpa basa basi alias to the point, kamu harus coba Lobster disana, walaupun dimasak dan disajikan dengan cara tradisional, cita rasa hidangan Lobster disana ngga kalah yahud sama restaurant bintang atas, banyak spot 2 rumah makan disana ko’ yang menyajikan menu lobster, jadi ngga usah bingung, hampir disetiap pantai ada ko.

Untuk urusan haraga ? nah ini nih yang juga bikin tim transpagi jadi jauh lebih jatuh cinta sama gunung kidul and Jogja pastinya.. murah brur.. waktu itu kita disuguhkan dengan harga ngga lebih dari 50rb rupiah untuk 1 posri menu lobsternya, jauh banget kan dari harga menu lobster di rumah makan yang bisasa kita kunjungi di area Jakarta.

Eh sekian dulu ya liputannya.. nanti kita sambung lagi di agenda transpagi jalan-jalan berikutnya.. dada..

Facebook Comments

2 thoughts on “4 Pantai Terindah Di Jogja Yang Wajib Kamu Kunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *