Cabai dan Bawang Naik Signifikan Di Pasar Baru Bekasi

Posted on

BEKASI, ViFO— Jelang Bulan Ramadan, berbagai harga komoditi di Pasar Baru di Jalan Ir H Juanda, Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, mulai merangkak naik, terutama bawang dan cabai.

Pantauan ViFo di Pasar Baru harga bawang merah dan bawang putih dijual Rp 35.000 per kilogram, biasanya hanya dibanderol dengan harga Rp 20.000 per kilogram. Sedangkan cabai rawit merah keriting dijual rata-rata Rp 30.000 per kilogram, dari sebelumnya Rp 25.000 per kilogram.

“Kenaikan harga sudah terjadi sejak seminggu yang lalu,” ujar silaban (46), pedagang sayur di pasar tersebut.

Silaban mengatakan, kenaikan kali ini tidak terlalu tinggi dibandingkan beberapa bulan sebelum Ramadan tahun lalu.

“Ini naiknya masih sedikit sekitar Rp 5.000 sampai Rp 15.000. Kalau dulu bisa sampai lima kali lipat, sekarang naik mah sedikit. Mungkin karena Menterinya dan pemerintah langsung turun tangan jadi kenaikan tidak terlalu parah,” ujar Silaban yang telah berjualan lebih dari 30 tahun.

Soal pasokan, menurut Silaban, cukup banyak yang juga hal yang memengaruhi harga sampai tidak melonjak tinggi. Sekitar satu minggu lalu, harga kenaikan tertinggi sempat terjadi pada harga cabai rawit merah hingga menyentuh harga Rp 70.000 per kilogram.

Untuk komoditas sayuran seperti kol, kentang, timun, dan tomat harganya mengalami  kenaikan namun tidak signifikan.

Kol dijual Rp 8.000 per kilogram dari sebelumnya Rp 6.000 per kilogram. Timun dijual Rp 7.000 per kilogram  sebelumnya Rp 4.000, dan kentang Rp 10.000 dari sebelumnya Rp 8.000.

“Kalau sayuran masih wajar naiknya,” kata Bedah (40), pedagang sayuran.

Bedah mengatakan, kenaikan saat ini terjadi tidak berpengaruh kepada pembeli. “Masih banyak yang beli. Perkiraan saya biasanya naiknya hanya saat awal puasa saja dan mau lebaran. Sepertinya untuk tahun ini sampe sekarang belum terjadi kenaikan seperti tahun lalu yang sangat tinggi,” katanya. (K-1)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *